CATATAN
PEMBERIAN TUGAS
Pelajaran
: Bahasa
Indonesia
Kelas/Program : X/ Semua Jurusan
Kompetensi Dasar
|
Kelas
|
Penugasan Terstruktur
|
KMTT
|
Tgl. Pemberian
|
Tgl Pengumpulan
|
SEMESTER 1
|
|||||
1.1 Menanggapi siaran atau
informasi dari media elektronik (berita dan nonberita)
|
|
Memberi tanggapan /bertanya
berdasarkan informasi yang didengar
|
Membuat laporan hasil kegiatan mendengarkan
|
|
|
1.2 Mengiden-tifikasi
unsur sastra (intrinsik dan ekstrinsik)suatu cerita yang disampai-kan secara langsung/ melalui rekaman
|
|
Memberi tanggapan terhadap,
unsur intrinsik dan ekstrinsik yang disampaikan seorang teman
|
|
|
|
2.1 Memperkenal
kan diri dan orang lain di dalam forum
resmi dengan intonasi yang tepat
|
|
Mendemonstrasikan cara Memperkenalkan orang lain dalam forum resmi (nama, alamat, status,
pendidikan, …)
|
|
|
|
2.2 Mendiskusikan masalah (yang
ditemukan dari berbagai berita, artikel, atau buku)
|
|
Melaprokan hasil diskusi
|
Melaporkan hasil identifikasi masalah
|
|
|
2.3 Menceritakan
berbagai pengalaman
dengan pilihan kata dan ekspresi
yang tepat
|
|
|
Melaporkan hasil menulis
|
|
|
3.1
Menemukan ide pokok berbagai
teks nonsastra dengan teknik membaca
cepat (250 kata/menit)
|
|
Membuat ringkasan isi teks dalam beberapa kalimat.
|
|
|
|
3.2 Mengidentifi-
kasi ide
pokok
teks nonsastra
dari berbagai
sumber
melalui
teknik membaca
ekstensif
|
|
|
1. Menuliskan
kembali isi bacaan secara ringkas
|
|
|
4.1 Menulis
gagasan dengan menggunakan pola urutan waktu
dan tempat dalam bentuk paragraf naratif
|
|
Menulis
paragraf naratif
|
|
|
|
4.2 Menulis
hasil observasi dalam bentuk paragraf
deskriptif
|
|
Menulis paragraf deskriptif
|
Menggunakan frase ajektif dalam paragraf
deskriptif
|
|
|
4.3 Menulis
gagasan secara logis dan sistematis dalam bentuk ragam paragraf ekspositif
|
|
Menulis
paragraf ekspositif
|
|
|
|
5.1
Mengidentifikasi unsur-unsur bentuk suatu puisi yang
disampaikan secara langsung ataupun melalui rekaman
|
|
|
|
|
|
5.2
Mengungkapkan isi suatu
puisi yang disampaikan secara
langsung ataupun melalui rekaman
|
|
|
mencatat
hasil diskusi
|
|
|
6.1 Mengemuka-
kan hal-hal yang menarik atau mengesankan dari cerita
pendek melalui
kegiatan diskusi
|
|
Melaporkan
hasil diskusi
|
Menceritakan kembali isi cerita pendek yang dibaca
dengan kata-kata sendiri
|
|
|
6.2 Menemukan
nilai-nilai cerita pendek melalui kegiatan
|
|
|
Melaporkan hasil menaitkan unsur intrinsic dengan
kehidupan sehari-hari
|
|
|
7.1 Membacakan
puisi dengan
lafal, nada, tekanan, dan intonasi yang tepat
|
|
|
|
|
|
7.2 Menganalisis keterkaitan unsur intrinsik
suatu cerpen dengan kehidupan sehari-hari
|
|
Menuliskan isi cerita pendek secara ringkas
|
|
|
|
8.1 Menulis puisi lama dengan memperhatikan
bait, irama, dan rima
|
|
Menulis pantun/ syair dengan memperhatikan bait, irama,
dan rima
|
|
|
|
8.2 Menulis puisi baru dengan memperhatikan
bait, irama, dan rima
|
|
|
Menulis puisi baru dengan memperhatikan bait, irama,
dan rima
|
|
|
SEMESTER II
|
|||||
9.1 Menyimpulkan
isi informasi yang disampaikan melalui tuturan langsung
|
|
Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut
dan mudah dipahami.
|
|
|
|
9.2.
Menyimpulkan isi informasi yang didengar melalui tuturan tidak langsung
(rekaman atau teks yang dibacakan)
|
|
Menyimpulkan isi informasi dengan urutan yang runtut
dan mudah dipahami.
|
|
|
|
10.1 Memberikan kritik terhadap informasi
dari media cetak dan atau elektronik
|
|
|
Memberikan kritik
dengan disertai alasan
|
|
|
10.2 Memberikan persetujuan/ dukungan terhadap artikel yang terdapat dalam media cetak dan atau
elektronik
|
|
|
Melaporkan hasil memberikan
dukungan dengan bukti
|
|
|
11.1
Merangkum seluruh isi informasi teks buku ke dalam beberapa
kalimat dengan membaca
memindai
|
|
Merangkum seluruh isi informasi (yang diperoleh dari halaman bab tertentu) ke dalam beberapa
kalimat
|
|
|
|
11.2
Merangkum seluruh isi informasi dari suatu tabel dan atau
grafik ke dalam beberapa kalimat dengan
membaca memindai
|
|
|
Menyimpul-kan isi tabel/ grafik
|
|
|
12.1 Menulis
gagasan untuk mendukung suatu pendapat dalam bentuk paragraf argumentatif
|
|
Menulis paragraf argumentatif
|
|
|
|
12.2 Menulis
gagasan untuk meyakinkan atau mengajak pembaca bersikap atau melakukan
sesuatu dalam bentuk pargarf persuatif
|
|
Menulis Paragraf persuasif
|
|
|
|
12.3 Menulis hasil wawancara ke dalam beberapa paragraf dengan menggunakan ejaan yang
tepat
|
|
|
Mencatat pokok-pokok informasi
yang diperoleh dari wawancara
|
|
|
12.4
Menyusun teks pidato
|
|
Menyusun
teks pidato berdasarkan kerangka dengan menggunakan kalimat yang mudah
dipahami
|
|
|
|
13.1 Menemukan hal-hal yang
menarik tentang tokoh cerita rakyat yang disampaikan secara langsung dan atau
melalui rekaman
|
|
Mengungkapkan kembali cerita rakyat dalam bentuk
sinopsis
|
|
|
|
13.2 Menjelaskan
hal-hal yang menarik tentang latar cerita rakyat yang disampaikan secara
langsung dan atau melalui rekaman
|
|
|
Membanding-kan nilai-nilai
dalam cerita rakyat dengan nilai-nilai masa kini dengan menggunakan kalimat
yang efektif. rakyat
|
|
|
14.1 Membahas isi puisi berkenaan
dengan gambaran penginderaan, perasaan, pikiran, dan imajinasi melalui diskusi
|
|
Menanggapi
isi laporan diskusi
|
|
|
|
14.2 Menghubungkan isi
puisi dengan realitas alam, sosial budaya, dan masyarakat melalui diskusi
|
|
Mendiskusikan isi puisi (gambaran penginderaan,
perasaan, pikiran, dan imajinasi)
|
Menanggapi isi puisi dengan
realitas alam.
|
|
|
15.1 Mengidentifikasi karakteristik dan struktur
unsur intrinsik sastra Melayu klasik
|
|
|
Menuliskan secara ringkas
isi karya sastra Melayu klasik dengan bahasa sendiri ke dalam beberapa
paragraf
|
|
|
15.2 Menemukan nilai-nilai yang
terkandung di dalam sastra Melayu klasik
|
|
Membanding-kan nilai-nilai dalam sastra Melayu Klasik
dengan nilai-nilai masa kini
|
|
|
|
16.1 Menulis
karangan berdasarkan kehidupan diri
sendiri dalam cerpen (pelaku,
peristiwa, latar)
|
|
Menulis
cerpen
|
|
|
|
16.2 Menulis
karangan berdasarkan pengalaman orang lain
dalam cerpen (pelaku, peristiwa,
latar)
|
|
Menulis
cerpen berdasarkan pengalaman orang lain
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar